Fix Wi-Fi Hotspot yang Tidak Bekerja Jika AFWall+ diaktifkan

Ternyata setelah update dari MiRoom v9.3.28 ke v9.5.9 hape ini mengalami beberapa masalah. Regression.
Di artikel terdahulu telah ditulis mengenai ADB yang tidak bekerja. Dan kini hotspot Wi-Fi tidak bekerja jika firewall AFWall+ diaktifkan.
Lumayan memusingkan karena saya segan berinternet tanpa firewall dan jika tethering menggunakan USB agak merepotkan.

Baca-baca di laman issue https://github.com/ukanth/afwall, ternyata ini masalah lama dan timbul-tenggelam tanpa perbaikan. Dari salah satu komentar yang saya baca itu karena sifat alami Linux dan bukan merupakan bug karenanya tidak ada yang bisa dilakukan oleh pengembang AFWall+. Ganjilnya, mengapa ketika belum update ROM hostpot-nya bekerja dengan normal.

Solusi didapat dari sebuah komentar di salah satu issue bernada sama: https://github.com/ukanth/afwall/issues/327#issuecomment-462452328.
All you have to do is add the following custom script into AFWall+ and then restart the network on both phone and computer.

iptables -A 'afwall' -p udp -m udp --dport 53 -j ACCEPT
iptables -A 'afwall' -p udp -m udp --sport 53 -j ACCEPT

Berhasil! Aye aye….
Kini hape bisa digunakan sebagai hotspot walau AFWall+ diaktifkan dan komputer (client) bisa berselancar dengan lancar. \

Sejujurnya saya tidak mengerti bagaimana cara kerja skrip tersebut (networking is a black magick), dan mengapa hanya UDP saja tanpa TCP. Tapi tak mengapa, skripnya sederhana dan memberikan solusi.