Memintasi Blokir Operator Seluler dengan Menggunakan ProtonVPN

Rupanya tidak salah jika banyak orang menyimpangkan kata I***sat menjadi I***shit, karena ia memang tidak bisa diandalkan. Sebenarnya sejak lama ingin berpindah darinya, namun apa daya tiada jaringan seluler lain yang mencakup rumah. Namun kini tidak lagi. Akhirnya, ada operator seluler baru dengan jaringan yang cukup laju telah menjangkau rumah; XL Axiata. Jadi setelah sekitar 10 tahun menggunakan I***sat, kini perlahan mencoba beralih menggunakan XL. Sementara diutamakan hanya untuk koneksi datanya yang sanggup menyediakan kecepatan 4G.

Seperti telah diketahui, penyedia layanan internet di Indonesia mesti mematuhi ketentuan pemerintah mengenai internet yang sehat dengan cara menghadang alamat-alamat tertentu yang pemerintah rasa (atau berdasar laporan) adalah tidak baik. Demikian juga dengan XL.
Sayangnya, beberapa situs yang sering saya kunjungi, misalnya Reddit, rupanya dianggap situs yang tidak baik oleh pemerintah. Reddit adalah forum bebas berdasarkan nilai yang dianut Barat, jadi bisa dimaklumi jika di dalamnya terdapat beberapa subreddit yang berlawanan dengan nilai yang kini umum dianut di Indonesia, misal mempertanyakan ketuhanan atau pornografi. Namun selain subreddit yang demikian, masih banyak atau mungkin bahkan lebih banyak subreddit yang sangat bermanfaat dan tergolong “legal” untuk standar Indonesia.

Jadi pertanyaannya sekarang; bagaimana memintasi blokir yang dilakukan XL?

Ternyata tidak semudah memintasi blokir yang dilakukan Indosat. Mudahnya memintasi blokir Indosat adalah semudah mengganti DNS di komputer atau gawai. Di Android saya menggunakan custom script Afwall+ untuk mengganti DNS, dan di komputer Linux dengan memasukkan DNS khusus ke dalam berkas /etc/resolv.conf. Namun cara ini tidak bekerja untuk XL.

Setelah sejenak mencari di maha pustaka bernama internet, akhirnya kini menemukan cara yang lumayan ampuh; memintasi blokir dengan menggunakan VPN (virtual private network). Caranya mungkin sedikit lebih rumit dibanding hanya mengganti DNS, namun kemujarabannya lebih bisa dipastikan.

Dari sekian banyak penyedia layanan VPN, saya menjatuhkan pilihan kepada ProtonVPN. Selain karena ia memiliki pilihan Free, juga karena percaya kepada pihak pengembangnya yang adalah juga pengembang layanan ProtonMail yang biasa saya gunakan.
Namun sebelum Anda turut tergiur menggunakan ProtonVPN, baik kiranya untuk membaca artikel berikut: https://restoreprivacy.com/protonvpn-review/. Dan jangan lupa, jika sebuah layanan internet adalah gratis maka Andalah produknya.

Jika artikel di atas tidak menyurutkan niat, silakan bersegera membuat akun ProtonVPN. Bagusnya, jika kita telah memiliki akun ProtonMail maka otomatis bisa langsung login ke dalam ProtonVPN dengan menggunakan nama pengguna dan kata kunci ProtonMail.

Setelah memiliki akun, saatnya untuk terhubung ke internet melalui ProtonVPN. Dalam gawai Android, caranya semudah memasang aplikasi ProtonVPN yang bisa didapat di Play Store. Untuk di perangkat Linux tutorial lengkapnya bisa dibaca di artikel How to use ProtonVPN on Linux?, atau ikuti uraian ringkas di bawah ini.

Sejauh yang saya ketahui, ada dua cara untuk terhubung ke internet dengan perantara ProtonVPN di Linux; (1) menggunakan Network Manager, dan (2) menggunakan skrip protonvpn-cli. Keduanya sama-sama menggunakan OpenVPN, jadi pastikan paket openvpn telah terpasang di sistem.
Adapun dalam artikel ini saya hanya akan membahas skrip protonvpn-cli karena lebih “universal” dan mudah ditulis menjadi sebuah artikel.

Mendapatkan username dan password OpenVPN/IKEv2

Untuk mendapatkan nama pengguna dan kata kunci OpenVPN/IKEv2, lakukan langkah berikut.

  • Masuk ke akun ProtonVPN Anda di https://account.protonvpn.com/login
  • Pilih bilah Account pada navigasi sebelah kiri
  • Pada kolom bagian kanan salin dan simpan OpenVPN/IKEv2 Username serta OpenVPN/IKEv2 Password.

Memasang protonvpn-cli

Gandakan repo protonvpn-cli.

git clone https://github.com/ProtonVPN/protonvpn-cli

Masuk ke dalam map repo tersebut.

cd protonvpn-cli

Jalankan protonvpn-cli.sh, gunakan sudo jika diperlukan.

sudo ./protonvpn-cli.sh --init

Ketika diminta OpenVPN password dan username, berikan nama pengguna dan kata kunci yang telah didapat pada langkah di atas.

Ketika ditanya jenis layanan ProtonVPN, pilih saja yang Free.

Untuk pertanyaan selanjutnya, silakan pilih sesuai keinginan.

Terhubung ke internet dengan perantara protonvpn-cli

Ketahui fitur dan cara menjalankan protonvpn-cli dengan menjalankan perintah:

sudo protonvpn-cli -h

Sederhananya, kita bisa menggunakan perintah:

sudo protonvpn-cli -c

Untuk terhubung ke internet dengan terlebih dahulu memilih nama peladen dan protokolnya.
Atau jika kita sudah tahu nama server dan protokol yang akan digunakan, pakai perintah berikut:

sudo protonvpn-cli -c [nama-server] [protokol]

Untuk memutuskan sambungan ProtonVPN, gunakan perintah berikut:

sudo protonvpn-cli -d

That’s it folks.
Tidak banyak yang saya minta ketika menggunakan ProtonVPN; hanya agar bisa memintasi blokir dari ISP. Jika niat Anda menggunakan VPN adalah untuk hal yang lebih serius, ada baiknya untuk menggunakan layanan berbayar yang telah teruji layanan dan keamanannya.

Sebagai penutup, kunjungi ipleak.net untuk mengetahui apakah ProtonVPN ini masih membocorkan IP? Kunjungi pula DNS leak test untuk mengetahui apakah ProtonVPN ini masih membocorkan DNS?